Thursday, October 13, 2016

MENGOPERASIKAN FORMAT CELL

      A.      CARA MENGATUR FORMAT ANGKA PADA MS.OFFICE EXCEL 2010
        BERIKUT CARANYA

            1. KETIKAN DOKUMEN BERIKUT DI LEMBAR KERJA ANDA

     


2.       ATUR FORMAT TAMPILAN GAMBAR SEPERTI BERIKUT

 

3.       BLOK Dari cell c4 ke c8,Lalu pilih klik kanan  > format cell > number
Klik centang, pada ” use 1000 sparator” untuk menambah titik di stiap 3 angka lalu ok.

A.       MENGATUR TAMPILAN TANGGAL DAN WAKTU
1.       Ketikan Dokumen Anda Di Lembar Kerja Anda 


2.       Blok Data Dari Cell A4 Smpai A8, Kemudian Atur Format Tanggal Dengan Klik Kanan Pada Data Yang Di Blok > Pilih Formatcell > Pilih Date Dan Pilih Tampilan Yang Sesuai > Kemudian Ok. 

 

3. Kemudian Blok B4 Sampai B8 Kemudian Atur Format Waktu Dengan Klik Kanan Pada Data Yang Di Blok > Pilih Formatcell > Pilih Time Dan Pilih Waktu Yang Sesuai > Kemudian OK

 

MENGATUR ALIGMENT

disini kita akan merapihkan lembar kerja kita.
Caranya yaitu :

1.       Blok a1 sampai e2
 
 

2. Kemudian pilih merge and centre atau simbol
dan rapihkan dengan menggunakan align center agar berada di tengah.

 

3.       Dan pilih align yang anda inginkan untuk merapihkan lembar kerja anda
Blok semua yang ada di tabel dan pilih align center

 

 FORMAT CELL ALIGNMENT
 format Cell alignment berfungsi untuk mengatur tata letak data pada cell 
1.      Pilih cell atau range yang akan diubah 
2.      Klik kanan pilih format cell  
3.    Kemudian pilih alignment
4.      Maka akan tampak dialog seperti di bawah  

 


a.       Text alignment horizontal
        berfungsi menentukan perataan data secar horizontal seperti  left(kiri), center  (tengah),   right (kanan), justified (rata kiri kanan). 
 
b.      Text alignment vertikal
       Berfungsi untuk meratakan data secara vertikal seperti top (atas), middle(tengah) , bottom ( bawah).

c.       Text orientation
       Menentukan arah penulisan text seperti horizontal , vertikal, miring, dll
 
d.      Text control
-          Warp text automatically
        Melipat text atau jika tidak mencukupi di kolom seperti ke bawah
-          Shrink to fit cell size (menyesuaikan ukuran huruf terhadap lebar kolom).
-          Merge cell ( menggabungkan beberapa cell jadi satu.


 


FORMAT CELL BORDER
Border digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan garis pada keempat sisi cell.
      1.       Blok area  yang di border
      2.       Pada kotak dialog format cell pilih sub menu border
                                                                  
                                                  
    

      3.       Silahkan di atur mau tampilan seperti apa
             Dan klik ok.
         Microsoft excel 2010 menyediakan style list yang bisa membuat tampilan indah di pandang .
                                
           TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG MASIH DALAM PROSES PERAPIHAN

 

 

No comments:

Post a Comment